.arabic { font-family: Traditional Arabic; font-size: 26px; direction:rtl; line-height: 200% ; font-weight: bold; }

tex

"Berjuang Menebarkan Kebaikan Guna Mencapai Ridho Allah"

Salam 2

Basmallah

Islami Clock

About Me

Foto saya
Hidup Adalah Perjuangan Mencari Jati Diri

Mentimun dan Garam

Manfaat Biji Ketimun dan Garam




Ketika sedang sakit tenggorokan akibat sakit flu, radang, dan lain sebagainya seringkali suara kita mengalami gangguan seperti suara berubah menjadi sengau, suara menjadi berat, suara hilang, suara serak, dan lain-lain. Daripada memakai obat-obatan kimia untuk mengatasi/mengobati masalah suara tersebut, lebih baik lagi jika pakai cara yang alami saja.


Cukup dengan mentimun/ketimun segar diambil biji-bijinya serta cairannya yang berada ada bagian tengah ketimun sedikit saja, lalu campur dengan garam dapur secukupnya. Kemudian gunakan untuk berkumur-kumur sampai ke tenggorokan. Mudah-mudahan tips ringan nan mantap ini dapat memberi manfaat untuk anda. Selamat mencoba.





25 Manfaat Garam Dapur


Garam rupanya tak hanya menjadi salah satu bumbu masak wajib dalam setiap masakan. Ini dia antara lain 25 manfaatnya!

1. Melunakkan Daging. Sebelum diolah, lumuri daging yang telah dipotong-potong dengan garam. Begitu juga saat merebusnya, masukkan garam ke dalam air rebusan daging.

2. Meredam Aroma. Pusing dengan segala macam aroma yang muncul saat Anda memasak? Garam merupakan salah satu pilihan terbaik untuk meredam bebauan tadi.

3. Cokelat Lezat. Untuk meningkatkan rasa istimewa secangkir cokelat panas, tambahkan sedikit garam meja ke dalam minuman Anda.



4. Penghilang Noda. Baju kesayangan terkena noda? Jangan gusar. Cobalah menghilangkannya dengan larutan air yang sudah dicampur garam dan alkohol dengan perbandingan 1:4 lalu gosok dibagian yang terkena noda.

5. Mengangkat Jamur. Untuk mengangkat jamur yang membandel, campuran perasan jeruk dengan garam akan bekerja secara menakjubkan.

6. Cegah Rumput Liar. Ada cara mudah untuk mencegah rumput liar tumbuh di sela-sela bebatuan jalan setapak di taman. Taburi saja garam di area yang kira-kira akan ditumbuhi rumput liar.

7. Cerahkan Lampu Lama. Garam juga amat baik untuk membuat penampilan lampu minyak tanah antik koleksi Anda kembali kinclong.

8. Usir Bau Tak Sedap. Stres gara-gara saluran cucian piring di dapur mengeluarkan bau tak sedap? Solusinya, siram dengan air panas yang sudah ditambahi garam. Bau tak sedap pun akan segera hilang.

9. Apel Segar. Bila tampilan apel yang akan disajikan kurang menarik dan tampak layu, rendamlah sebentar di dalam air hangat-hangat kuku yang sudah dibubuhi sedikit garam.

10. Anti Lengket. Sebelum digunakan, gosokkan sedikit garam pada loyang pancake yang terbuat dari besi. Dijamin pancake buatan Anda tak akan lengket.

11. Sikat Gigi Awet. Merendam sikat gigi yang masih baru dalam larutan air garam akan membuat sikat gigi menjadi lebih awet dipakai.

12. Poci Tampil Baru. Garam juga akan membersihkan poci kopi yang warnanya sudah dekil kehitaman menjadi tampak baru lagi.

13. Bathtub Mengilap. Campuran garam dan terpentin bisa digunakan untuk mengilapkan kembali tampilan bathtub atau mangkuk wastafel Anda.

14. Mudah Dikupas. Merendam kacang tanah atau kacang mede dalam air asin (garam) semalaman akan membuatnya mudah dikupas pada keesokan harinya, tanpa merusak bijinya. Anda pun tak perlu susah payah lagi menggunakan palu untuk mengupasnya.

15. Logam Cling. Anda bisa membersihkan aneka perabot yang terbuat dari kuningan, timah putih atau tembaga dengan pasta buatan sendiri. Caranya? Cukup satukan cuka, garam dan tepung terigu hingga membentuk adonan pasta.

16. Bunga Segar. Tambahkan sedikit garam ke dalam vas bunga agar bunga-bunga hidup potong bisa bertahan lebih lama.

17. Serap Noda. Segera tutup noda tinta di atas karpet dengan taburan garam, yang akan langsung menyerap noda tinta tadi sehingga karpet kesayangan bersih kembali.

18. Kerak Hilang. Bila ingin membersihkan setrika dari kerak/noda yang membandel, taburkan garam pada kain yang lembap kemudian setrika seperti biasanya.

19. Merebus Ulang. Jika ingin mempersingkat waktu memasak bahan-bahan yang harus direbus berulang kali, tambahkan saja sedikit garam ke dalam air rebusannya.

20. Kemilau Tuts Piano. Campuran air jeruk dan garam dapat dimanfaatkan untuk membersihkan tuts-tuts piano dari noda dan debu yang menempel. Gunakan kain katun yang lembut untuk membersihkannya agar tuts-tuts piano kembali bersih dan berkilau.

21. Tambal Lubang. Jangan panik bila ada dinding rumah yang berlubang. Tambal saja lubang tadi dengan adonan yang terdiri dari sagu dan garam, dengan porsi sama banyak lalu tambahkan sedikit air.

22. Pie Tak Gosong. Untuk mempersingkat waktu memanggang, sekaligus agar permukaan kue pie tetap bagus dan bagian bawahnya tidak gosong, masukkan garam ke atas adonan. Usai memanggang, Anda pun bisa mudah membersihkan wadahnya saat kue sudah dingin karena tidak lengket.

23. Pembasuh Mata. Untuk meredakan sakit mata, dalam keadaan darurat gunakan air garam untuk membasuh mata. Bila keluhan tak berkurang, segeralah memeriksakannya ke dokter mata.

24. Obat Kumur. Air hangat yang telah dibubuhi sedikit garam merupakan pencuci mulut yang efektif. Begitu juga bila terkena radang tenggorokan. Masukkan sedikit garam ke dalam air panas, aduk perlahan lalu gunakan sebagai obat kumur.

25. Gigi Putih. Gigi yang terlihat kusam akan kembali cemerlang dengan cara menaburkan garam kering ke ujung bulu-bulu sikat gigi Anda saat akan menggosok gigi.
Sumber : Nova



19 Manfaat Garam Yang Perlu Anda Ketahui !

Menurut Institut Salt, garam memiliki lebih dari 14.000 kegunaan yang sudah diketahui, dan setiap orang Amerika sepanjang hidup mereka masing-masing mengonsumsi lebih dari 16 ton garam.
Berikut sedikit penggunaan dari garam:


Garam sebagai bahan poles
Dengan mencampurkan garam dan cuka menjadi sebuah adonan kental, maka ia dapat dipakai untuk menggosok dan membuat kilap benda dari perak dan tembaga. Gunakan sehelai kain lembut untuk penggunaannya dan gosokkan, lalu bilas bersih dengan air, kemudian keringkan.

Pembersih
Ini adalah sesuatu yang saya pe-lajari selama bekerja di supermarket saat masih muda. Untuk tumpahan minyak dan telur, tutupi area yang terkena noda dengan garam, maka akan menjadi lebih mudah untuk mengangkat noda tersebut.

Garam sebagai pembersih pipa saluran
Garam dan air panas dalam jumlah yang sebanding yang kita tuang ke dalam saluran pipa akan dapat membantu menghilangkan bau tak sedap dan dapat membantu melarutkan minyak, juga membantu memperpanjang usia pipa. Tetapi cara ini mungkin sebaiknya tidak dipakai pada sistem pembuangan air limbah kotor, yang mungkin dapat membunuh bakteri baik yang berperan sangat penting untuk menghancurkan zat padat.

Membebaskan jendela kaca dan kaca mobil dari embun
Bersihkan bagian dalam jendela kaca di rumah dan mobil Anda dengan spons yang telah dicelupkan ke dalam larutan air garam, lalu keringkan. Cara ini akan membantu mencegah pengembunan selama cuaca dingin. Selain itu, dengan menggosokkan kain kecil yang telah dibasahi dengan garam pada kaca bagian depan mobil Anda, maka juga dapat mencegah pengembunan. Pada iklim bersalju, cara ini dapat mencegah terbentuknya es pada kaca.


Menggosok periuk dan panci
Tuangkan garam kasar ke atas perlengkapan masak berminyak sebelum penggosokan untuk membantu menghilangkan lemak-lemak yang menempel.


Menghilangkan noda teh dan noda kopi
Untuk menyingkirkan noda teh dan kopi pada cangkir dan karaf anggur ( sejenis bejana untuk minuman anggur ), taburkan garam ke atas sponge dan usapkan dengan gerakan berputar-putar pada waktu menggosok noda yang menempel.

Mensterilkan spons
Spons pembersih yang biasanya digunakan untuk keperluan dapur adalah tempat perkembangbiakan yang sempurna bagi berbagai macam bakteri tidak baik. Dengan merendam spons ke dalam larutan garam kadar tinggi, dapat membantu membasmi bakteri-bakteri tersebut.

Penakluk serangga
Tuangkan garam pada tempat-tempat dimana semut sering berkerumun, dengan cara searah garis untuk mencegah semut-semut tersebut lewat.

Cara paling bersahabat untuk membasmi gulma
Campuran garam dan air panas dengan perbandingan 1 : 3 dapat dituang secara langsung ke atas gulma untuk membasmi mereka.


Pencuci mulut dan obat kumur
Larutkan sekitar seperempat sendok teh garam ke dalam setengah sendok makan air hangat. Ratakan ke seputar mulut Anda lalu kumur-kumur. Saya juga telah merasakan manfaatnya, ini benar-benar membantu ketika berhadapan dengan sakit gigi.


Papan potong yang berbau tidak sedap
Papan potong dengan bau yang tidak sedap menandakan adanya bakteri, dan ini bukan hanya masalah bau pada papan potong, tetapi juga merupakan masalah kesehatan.
Bakteri dapat dihilangkan dengan garam, oleh sebab itu usapkan garam pada area papan potong Anda yang beraroma tidak sedap, biarkan sebentar lalu bilas, papan potong Anda akan menjadi berbau segar dan menjadi bebas bakteri!


Pemadam kebakaran
Simpan sekotak garam sedekat mungkin sebagai alat pemadam api pada saat keadaan darurat untuk memadamkan kebakaran akibat minyak. Tetapi ia tidak boleh menggantikan alat pemadam api yang sesungguhnya, hanya untuk menjadi cadangan yang baik.


Pembersih setrika
Berkali-kali, setrika besi mengangkat sedikit demi sedikit kotoran yang mengakibatkan mereka menempel ketika Anda menggosok pakaian Anda. Untuk menghilangkan segala macam kotoran tersebut, taburkan garam ke atas selembar kertas dan lalu disetrika di atasnya. Gunakan sedikit uap panas untuk membersihkan pancaran air sesudah melakukan hal ini dan juga bersihkan alas setrika dengan sehelai kain lembab ketika sudah tidak panas.

(Michael Bloch/The Epoch Times/mer)

ada lagi:
Pada saat Mandi:
1) Campur 1/2 sudu teh garam kedalam segelas air mineral. Gunakan untuk membasuh mata yang keletihan.
2) Campurkan garam dengan baking soda dalam jumlah yang sama banyak. Ia berguna sebagai pencuci mulut (berkumur) untuk kesegaran nafas.
3) Campur satu teh garam dengan air panas untuk merendam kapas. Gunakan kapas untuk menjaram bahagian mata yang bengkak/sembap.
4) Rendam kaki yang keletihan dengan campuran air suam panas dengan segenggam garam. Basuh dengan air sejuk. Kaki akan terasa segar semula.
5) Masih dalam keadaan basah selepas mandi, urutkan tubuh, kaki dan tangan dengan garam. Hasilnya sel-sel mati akan terkeluar dan pusingan sel kulit akan meningkat
6) Campurkan garam secukupnya dengan minyak zaitun. Dengan cara yang lembut dan perlahan dengan tarikan arah atas, urutkan campuran tersebut ke wajah dan leher. Biarkan 5-10 minit kemudian cuci. Facial ringkas ini akan menyegarkan tubuh.

Ada beberapa fakta mengenai air garam dan manfaatnya yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Air garam mempunyai dua pengaruh terhadap kelangsungan hidup bakteri. Pada konsentrasi rendah akan merangsang pertumbuhan bakteri (menurut Takada and Fukushima, 1986). Namun sebaliknya, garam dalam bentuk murni atau dengan konsentrasi tinggi dapat bersifat toksik karena unsur klorida yang terdapat didalammnya termasuk golongan halogen yaitu oksidator kuat yang mampu mematikan bakteri. (menurut Bellringer, 2000).

Air garam yang digunakan untuk mengurangi radang gusi tentulah air garam yang berasal dari garam dapur yang beriodium.

Air garam ini haruslah memiliki konsentrasi lebih dari 0,9 % berupa larutan hipertonis yang mempunyai tekanan osmosis yang lebih besar dari cairan yang ada di dalam sel. Perbedaan tekanan osmosis ini menyebabkan cairan dari sel bakteri tertarik ke luar sel sehingga sitoplasma bakteri lama-kelamaan akan menyusut akibatnya sel akan mati atau tidak mampu berkembang biak (menurut Goulding, 1960).

Adapun teknik dan cara pembuatan larutan garamnya adalah dengan mencampurkan garam dapur sebanyak 3,75 gram kedalam 250 ml air mineral hangat atau setara dengan segelas air minum biasa.
Kemudian aduk larutan garam dengan menggunakan sendok hingga larut merata.
Berkumurlah selama 1 menit dengan mengganti obat kumur sebanyak dua kali dan berkumur dengan menggerakkan otot-otot pipi, bibir dan lidah secara maksimal.

Setelah berkumur usahakan untuk tidak makan, minum atau berkumur dengan larutan lain selama ±1 menit. Hal ini bertujuan agar larutan garam tersebut dapat bereaksi lebih lama terhadap jaringan yang meradang.
Berkumur tersebut dilakukan sebanyak 2 kali dalam sehari yaitu pagi setelah makan dan malam sebelum tidur selama batas waktu yang tidak ditentukan.
Selama penggunaan kemungkinan akan menimbulkan beberapa efek samping seperti rasa mual untuk beberapa orang yang sensitif dengan rasa asin, dan bisa juga menimbulkan iritasi ringan dalam rongga mulut jika konsentrasinya terlalu tinggi. 

Berkumur Air Garam Terbukti Menurunkan Infeksi Saluran Pernapasan Atas
Banyak cara dilakukan untuk mencegah virus flu. Sebagian besar orang mengonsumsi jus jeruk atau makanan berkuah hangat saat gejala flu mulai menyerang. Tapi, ada cara lain mengatasi flu: berkumur dengan air garam. Saat flu menyerang, tenggorokan biasanya terasa gatal dan nyeri. Berkumur dengan air garam bisa mengurangi gejala tersebut. Hidung atau pernapasan yang tersumbat yang sering muncul juga bisa diatasi dengan berkumur air garam. Dr Hagen juga mengatakan, berkumur air garam bisa mengendurkan lendir yang kental dan dapat menghilangkan iritan seperti alergen, bakteri dan jamur dari tenggorokan.

Penelitian yang dipublikasikan The American Journal of Preventive Medicine, 2005, ini, peneliti melibatkan hampir 400 partisipan. Peneliti merekam kondisi kesehatan mereka selama 60 hari pada musim dingin, sejak sehat. Sejumlah partisipan yang mengalami flu diminta berkumur tiga kali sehari dengan air garam. Kelompok yang secara teratur berkumur air garam terbukti mengalami penurunan tingkat infeksi saluran pernapasan atas hingga 40 persen.

Menurut penelitian, berkumur air garam bermanfaat menurunkan gejala bronkial. Ini memperkuat penelitian lain yang menemukan bahwa berkumur air garam membantu mengatasi sakit tenggorokan dan penyumbatan. Untuk hasil terbaik, menurut tim dari Mayo Clinic, larutkan setengah sendok teh garam dalam segelas penuh air hangat. Lalu, berkumurlah dengan larutan itu selama beberapa detik.

Air-garam-infeksi, radang saluran pernafasan atas, pengertian-infeksi-saluran-pernafasan-atas, orchitis definisi gejala patofisiologi etiologi, Manfaat-Berkumur-dgn-air-garam, manfaat-berkumur-dengan-garam, infeksi-saluran-pernafasan-atas, gejala-radang-saluran-pernafasan-atas, gejala-radang-pernapasan, gejala-infeksi-radang-pernafasan